EKSBIS  

Kembangkan Produk Unggulan, Disperindag Karawang Bidik Pasar Eropa

Karawang adalah satu bagian dari Jawa Barat yang memiliki potensi yang sangat luar biasa dengan produk produk lokal unggulan yang dapat diandalkan. Sisi lain produk produk aspek unggulan lokal tersebut yang selama ini belum dikembangkan secara maksimal, terutama pasar dengan target ke sampai keluar negeri.

Kementrian Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang mendorong produk unggulan agar memiliki peluang pasar sampai keluar negeri, untuk terealisasinya program kerja di tahun 2022 ini mencoba melakukan mapping dilapangan dengan identifikasi, verifikasi, dan pendataan sekaligus melakukan pembinaan produk unggulan yang selama ini sebenarnya memiliki produk unggulan yang bukan saja dapat dipasarkan secara lokal, tapi juga potensi dapat dipasarkan ke luar negeri.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karawang H. Ahmad Suroto, bahwa perlu dilakukan pembinaan pembinaan salah satunya mengenai regulasi perlu dilakukan dengan dokumentasi dengan tujuan agar produk unggulan tersebut mulai dari merk, paking dapat menjadi produk unggulan dan berkelas.


Suroto katakan, perlu diketahui bahwa, produk unggulan yang saat ini menjadi pilot projek ada dua jenis produk unggulan yaitu anyaman tas, sosmek dan dompet, yang menggunakan bahan baku eceng gondok.

Terkait dengan pasar luar negeri pihaknya mentargetkan negara negara yang menjadi tujuan wisata di Eropa, termasuk, Spanyol, Perancis dan Turki.(Ctr/Jay).

).