Ternak Domba Program Ketahanan Pangan Pemdes Sinargalih Terus Berkembang

TRANSJABAR.COM | Pemdes Sinargalih, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat fokus melaksanakan pembangunan dalam rangka meningkatkan program kesejahteraan masyarakat di wilayah Sinargalih.

Salah satunya melaksanakan program ketahanan pangan hewani bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran ( TA ) 2024 sebesar Rp. 139 juta dengan melibatkan kelompok ternak domba ” Barudak Ternak Sinargalih Bersinar.”

Foto/transjabar: Nampak Kades Sinargalih H Encang bersama Babinsa TNI AD Sersan Agus saat mengkroscek program ketahanan pangan hewani ternak domba kelompok ternak ” Barudak Ternak Sinargalih Bersinar.”

Hapid salah satu anggota kelompok ternak mengatakan, program ketahanan pangan di Deda Sinargalih khususnya untuk kelompok ternak Barudak Ternak Sinargalih Bersinar mengalami peningkatan yang cukup baik.

Menurutnya hampir semua domba yang dipeliharanya anggota sudah beranak pinak, bahkan sudah hamil siap melahirkan anak domba.

” Domba yang saya urus sendiri saja sudah beranak, termasuk milik anggota lainya ada yang hamil ada yang sudah beranak pinak, ” kata Hapid, Selasa ( 15/10).

Hal senada juga disampaikan Hakim, menurut dia domba yang dipelihara sejak 4 bulan sudah hamil dan beranak.

” Alhamdulilah domba yang saya urus sudah beranak, saya berharap domba pada sehat sehingga dapat berkembangbiak dengan baik, ” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sinargalih H Encang Subpiyani mengatakan untuk program Dana Desa di tahun 2024 untuk pengalokasian program ketahanan. pangan memang sudah mengalami perkembangan.

Ia beharap masyarakat yang mendapatkan bantuan domba benar benar memanfaatkan momen bantuan dengan baik dan bijak, sehingga domba bantuan bisa berkembangbiak sesuai harapan.

Dengan begitu kata dia, bantuan ternak domba bisa meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Sinargalih.

” Alhamdulilah domba yang diberikan kemasyarakat dengan jumlah 40 betina, ditambah 5 jantan sekarang sudah beranakpinak, ” katanya.

Setelah dicek ke masyarakat ternak domba ditotal sudah beranak sebanyak 12 ekor, dan sebagian domba betina juga ada yang hamil siap melahirkan.(red).

https://jalalive.wangsomboonhospital.go.th/

https://eonsdi.com/