Ini Alokasi Ketahanan Pangan Pemdes Sukamukti

TRANSJABAR.COM | Program Ketahanan Pangan bersumber dari Dana Desa di Pemdes Sukamukti, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta dialokasikan untuk dua program, yaitu hewani dan nabati.

Kepala Desa Sukamukti, Abduloh mengatakan, program ketahanan pangan bersumber dari Dana Desa mengalami perkembangan sesuai dengan harapan, termasuk alokasi Dana Desa program ketahanan pangan untuk tahun 2023, dan 2024.

Diketahui, untuk program ketahanan pangan di Pemdes Sukamukti alokasi untuk tahun 2023 program hewani melaksanakan pembelian sapi sebanyak 5 ekor berikut perlengkapannya dengan nilai Rp. 127.197.500, sedangkan untuk program nabati sebesar Rp. 62.649.300.

” Pertumbuhannya alhamdulilah ditahun 2023 program hewani yang dibelikan sapi sudah berkembangbiak, ” katanya.

Sementara itu, serupa untuk program ketahanan pangan di tahun 2024, Pemdes Sukamukti juga mengalokasikan untuk nabati dengan membangun jalan produksi pertanian dan membeli gabah yang dimanfaatkan berfungsi untuk kebutuhan stok yang jumlahnya mencapai 1 ton gabah.

” Jalan pertanian yang dibangun untuk tahun 2024 ini memiliki panjang 225 meter dengan lebar 2,5 meter. Pembangunan jalan pertanian ini mudah – mudahan bermanfaat bagi masyarakat petani, ” ujarnya, Jumat, ( 2/8/2024).

Sementara program ketahanan pangan untuk tahan satu kembali mengalokasikan program hewani dengan membeli sapi sebanyak 5 ekor, tanpa kandang.

” Kami pastikan Pemdes Sukamukti sudah mengalokasikan program ketahanan pangan bersumber dari Dana Desa sesuai dengan peruntukan, ” pungkasnya (red).