Pelaksanaan PPDB Jabar 2024 Tahap 1 di Cadisdik Wilayah IV Purwasuka Berjalan Lancar

TRANSJABAR.COM | Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jawa Barat (Jabar) tahun 2024 tahap 1 telah usai. Prosesnya pun diyakini berjalan lancar atau tidak ada kendala yang signifikan.

Seperti halnya di Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Jabar wilayah IV meliputi Kabupaten Purwakarta, Subang dan Karawang (Purwasuka), pelaksanaan PPDB di wilayah tersebut berjalan aman, dan lancar.

“Alhamdulillah aman, lancar dan sesuai dengan aturan yg telah ditetapkan,” ujar Risye, Kasubbag TU Cadisdik wilayah IV, Kamis (13/6/2024) kemarin.

Lebih jauh Risye menjelaskan, sejak Mei 2024, pihaknya (Cadisdik) wilayah IV, sudah melakukan berbagai macam penyampaian informasi dan sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan, tentang PPDB tahun 2024.

“Mulai dari Kepala Sekolah, Ketua PPDB Sekolah, Panitia PPDB KCD IV sampai sekolah, serta dilakukan Bintek para operator sekolah, baik negeri maupun swasta. Bahkan kepada Forkopimda 3 Kabupaten pun dilaksanakan,” tuturnya.

Termasuk kepada para koordinator zona pun turut melaksanakan sosialisasi PPDB di zona-nya masing-masing. “Dari Mulai kepala SMP, MTs, pihak Kecamatan, perangkay Desa/Kelurahan, Orang tua siswa dan lainnya,” ujarnya.

Menurut Risye, semua ini bertujuan agar para calon peserta didik (CPD) dan para Orang tua CPD memahami semua persyaratan khusus dan umum PPDB, terkait alur PPDB sampai tahapan pendaftaran agar CPD memahani mekanisme dan regulasinya.

“Alhamdulillah semua layanan informasi dan pengaduan baik di KCD dan satuan pendidikan dengan sangat masif melakukan pelayanan yang memuaskan,” ucapnya.

“Kontak pengaduan, ruang informasi, ruang pengaduan, semua sudah tersedia di KCD dan juga sekolah,” ungkapnya, menambahkan.

Kelancaran pelaksanaan PPDB pun, diakui oleh Kepala SMAN 1 Serangpanjang, Kabupaten Subang, Drs. Endi Diana Ruskandi, M.Pd. “Ya, berjalan lancar, karena kami bersama beberapa guru di sekolah secara full mendampingi calon peserta didik dalam proses pendaftaran PPDB online,” terang Endi, didampingi Asep Tarlan selaku Humas SMAN 1 Serangpanjang, pada Kamis (13/6/2024) kemarin.

Dikatakan Endi, tingginya animo siswa yang ikut mendaftar PPDB tahap 1 tahun 2024 ke SMAN 1 Serangpanjang, melebihi kuota. Dikatakan Endi dan Asep, bagi calon peserta didik yang belum sempat mendafat di tahap 1, masih ada PPDB tahap 2 pada 24-28 Juni 2024 mendatang.

Selain soal PPDB tersebut, Endi dan Asep juga berharap kepada pemerintah, bahwa saat ini SMAN 1 Serangpanjang masih sangat perlu dan membutuhkan bantuan, untuk sarana penunjang pendidikan bagi siswa-siswi di sekolah.

“Termasuk saat ini di SMAN 1 Serangpanjang, masih mengalami kekurangan beberapa orang tenaga pendidik/guru,” ungkap Endi.

“Jadi, selain kami butuh bantuan sarpras juga butuh tambahan tenaga guru, agar guru-guru yang ada saat ini tidak merangkap beberapa mata pelajaran,” ungkapnya lagi. (Ron/Red).

https://jalalive.wangsomboonhospital.go.th/

https://eonsdi.com/